Pilih Laman

Bebas Bicara Talk (BeBi Talk) Review Video: Mbok BeBi Bertani

25 Sep, 2020

Halo kawan #GengBeda! Kangen gak denger cerita dari Pedro?

Memasuki musim hujan dan mulai PSBB lagi, aku jadi dirumah lagi nih, sejujurnya mulai bosan. Kadang cuacanya bikin pengen mager-mageran terus sambil nonton Youtube. Oh iya ngomong-ngomong tentang video di Youtube, aku jadi ingat kalau aku kemarin nonton video yang menarik banget deh! Eh bentar-bentar aku tulis jadi REVIEW aja kali ya? Abis kayaknya seru kalau aku sharing disini! Hehe

Jadi, channel Youtube yang aku tonton kemarin adalah BebiTalk, channel ini memang mengusung konsep dengan mengajak banyak pihak untuk bebas berbicara dan mengungkapkan pendapat! Seperti yang teman-teman bisa lihat di channel BebiTalk, banyak hal-hal tabu yang jarang dibicarakan dibahas secara tuntas oleh para ahli. Jadi tentu saja channel ini dapat memperkaya pengetahuan kita meski dengan di rumah aja.

Nah di September ini, BebiTalk punya konten baru dan menarik perhatian Pedro yaitu, Mbok Bebi Bertani atau Bertanya pada Netizen! Jadi ada apa aja sih di segmen terbaru BebiTalk ini?! 4 (empat) episode pertama Mbok Bebi Bertani mengangkat 4 tema yang berkaitan dengan seksualitas manusia loh kawan!

Pertama, karena saking banyaknya nih ya mitos-mitos tentang seksualitas manusia yang kurang tepat dan tersebar luas. Pada Episode 1 Mbok Bebi langsung menanyakan keresahannya pada netizen. Ternyata banyak loh netizen yang pintar-pintar menjawab semua mitos yang ada, seperti coli bisa membuat dengkul kopong, berhubungan seks sambil berdiri tidak membuat perempuan hamil, dan banyak lainnya. Para netizen secara tegas membantah mitos-mitos yang gak ilmiah yang beredar di sekitar mereka, ditambah nih penjelasan dari dr. Alegra Wolter yang jelas banget kasih contoh dan menjawab fakta yang ada semakin memperkuat bahwa memang mitos masih tersebar luas, tapi kita juga harus jeli dalam menerima informasi dan mencari sumber informasi yang akurat. Yang penasaran obrolan lengkapnya bisa cuss ke channel BebiTalk ya!

Tema kedua yang dibahas adalah pendidikan seksualitas digital. Nah ini nih yang menarik, karena setelah mbok Bebi bertanya pada para netizen, ternyata hampir semua netizen tidak pernah mendapatkan pendidikan seksualitas secara komprehensif di sekolah dan kalaupun ada ya cuma di pelajaran biologi! Bahkan yang aku setuju banget sama salah satu cerita netizen di video tersebut tentang menstruasi, karena sejak awal tidak diedukasi sehingga menstruasi dapat menjadi ketakutan tersendiri bagi perempuan untuk menerima keadaan diri sendiri loh… Selain itu yang menarik, dengan adanya akses internet dan kemajuan teknologi ternyata banyak orang muda yang bisa mengakses pendidikan pendidikan komprehensif dengan berselancar di dunia maya. Bahkan mereka mendapatkan banyak informasi dari lintas daerah bahkan lintas negara loh, keren!

Video yang ketiga membahas tentang kontrasepsi. Biasanya memang, ketika kita membahas tentang kontrasepsi sering dikaitkan dengan program Keluarga Berencana. Hal ini dikarenakan segala alat kontrasepsi yang ada sering diucapkan dengan “mau suntik kb, mau beli pil kb”. Padahal sebenarnya yang mereka akses adalah alat kontrasepsi. Pembicaraan tentang alat kontrasepsi masih sering nih dipandang tabu oleh sebagian orang, apalagi terkadang orang muda dianggap tidak berhak untuk membicarakannya. Di video kali ini mbok Bebi menanyakan tentang beberapa jenis alat kontrasepsi kepada netizen loh! Beberapa netizen mengetahui jenis-jenis alat kontrasepsi tapi ada juga yang tidak.

Selain itu, video ini juga membahas tentang pandangan netizen ketika melihat orang muda membeli kondom, yang terkadang, masih dinilai kurang etis, tapi di dalam video tersebut netizen mengatakan kalau keputusan untuk membeli dan menggunakan kontrasepsi itu merupakan suatu kesadaran yang baik untuk bertanggung jawab atas diri dan kesehatan mereka, di sini Pedro setuju banget. Kawan #GengBeda penasaran gak sih kontrasepsi apa saja yang dibahas di video kali ini? Langsung tonton videonya ya, karena di video tersebut juga ada penjelasan yang akurat juga dari dr. Sandra Suryadana yang akan menjawab rasa penasaran kalian!

Jujur, pas nonton seneng banget karena ternyata banyak netizen pintar yang dapat menjawab kegelisahanku sebagai orang muda! Selain itu, netizen-netizen ini sangat menghargai keberagaman seksualitas manusia, keren banget karena kan @bedaitubiasa dan kita itu sama. Cielah gitu!

Eh bentar-bentar, review videonya baru 3 ya, di episode terakhir yang akan tayang hari sabtu ini Mbok Bebi akan membahas hal yang sedang in di kalangan orang muda yaitu dating apps. Hayo siapa penasaran? Pedro penasaran banget sih, karena pasti akan seseru tiga video sebelumnya.

Pokoknya jangan lupa tonton, komen, subscribe dan nyalain lonceng channel BebiTalk biar gak ketinggalan keseruan video selanjutnya!

 

 

 

Penulis : Annisa Inayah dan Yumna Nurtanty Tsamara

Beranda / Cerita Pedro / Bebas Bicara Talk (BeBi Talk) Review Video: Mbok BeBi Bertani

Artikel Lainnya

Yang Terlupakan di Pengungsian

Yang Terlupakan di Pengungsian

Halo kawan #GengBeda. Selamat tahun baru yaaa… Tahun baru kali ini benar-benar berbeda. Tidak ada pesta perayaan, suara terompet, hingga hiasan meriah. Mungkin kehilangan momen...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share This
Skip to content